Asupan diet lansia diabetes melitus

Etiologi dan Predisposisi DM dapat disebabkan oleh banyak faktor Noer menyebutkan bahwa ada 4 penyebab terjadinya DM, yaitu faktor keturunan, fungsi sel pankreas dan sekresi insulin yang berkurang, kegemukan atau obesitas, perubahan karena usia lanjut berhubungan dengan resistensi insulin.

Selain itu kebiasaan begadang sambil minum kopi dan merokok mempunyai resiko terkena penyakit diabetes. Oleh karena itu, kami akan membahas lebih lanjut tentang Diabetes Mellitus dalam makalah ini.

Sebanyak 12 propinsi mempunyai prevalensi penderita obesitas umum pada penduduk umur diatas 15 tahun diatas prevalensi nasional.

Penyakit Diabetes Pada Lansia

Yaitu intoleransi glukosa yang timbul selama kehamilan, dimana meningkatnya hormon — hormon pertumbuhan dan meningkatkan suplai asam amino dan glukosa pada janin yang mengurangi keefektifitasan insulin. Kontrol DM yang ketat dapat memperbaiki mikroalbuminuria pada beberapa pasien, sehingga perjalanan menuju ke nefropati bisa diperlambat.

Keluhan umum pasien DM seperti poliuria, polidipsia dan polifagia, pada DM usia lanjut tidak ada. Pada penderita DM tipe 2, insulin yang ada tidak bekerja dengan baik karena reseptor insulin pada sel berkurang atau berubah struktur sehingga hanya sedikit glukosa yang berhasil masuk sel.

Price dan Wilson menambahkan bahwa DM merupakan gangguan metabolisme yang dimanifestasikan dengan hilangnya toleransi karbohidrat yang terjadi secara genetis maupun didapat. Pola makan berupa asupan makanan tinggi energi dan tinggi lemak tanpa disertai dengan aktifitas fisik yang teratur akan mengubah keseimbangan energi dengan disimpannya energi sebagai lemak simpanan yang jarang digunakan.

Maka bagi penderita diabet jangan sampai lengah untuk selalu mengukur kadar gula darahnya, baik ke laboratorium atau gunakan alat sendiri. DM tipe 1 disebabkan oleh faktor genetik dan terjadi sejak kanak-kanak di mana sel-sel beta pankreas tidak dapat memproduksi insulin akibat adanya autoantibodi yang menyerang sel-sel beta pankreas.

Rutin konsultasi ke dokter Anda juga disarankan untuk rutin konsultasi ke dokter setidaknya setiap 3 bulan sekali untuk: Diet; Mengurangi kalori dan meningkatkan konsumsi vitamin. Tidak berbeda dengan penderita penyakit diabetes yang lain. Corwin, hlm. Positif secara mencolok 3. DMTTI ditandai dengan kelainan dalam sekresi insulin maupun dalam kerja insulin.

Kekurangan hormon ini dalam tubuh bisa disebabkan oleh faktor genetik dan faktor lingkungan. Resistensi insulin adalah turunnya kemampuan insulin untuk merangsang pengambilan glukosa oleh jaringan perifer dan untuk menghambat produksi glukosa oleh hati.

Hiperglikemia akan mengakibatkan pertumbuhan berbagai mikroorganisme dengan cepat seperti bakteri dan jamur. Retina adalah bagian mata tempat cahaya difokuskan setelah melewati lensa mata. Seberapa umumkah diabetes melitus tipe 2? Hanya saja pada lansia, perlu ada orang lain yang menyuntikannya dan lebih sering mengontrol glukosa darah.

Pada sindrom stiffman terjadi peninggian kadar autoantibodi GAD di sel beta pankreas. Saat gula tidak dapat memasuki sel-sel, kadar gula dalam darah meningkat tinggi. Jika tidak terdapat glukosa, sel-sel otot memetabolisme cadangan glikogen yang mereka miliki untuk dibongkar menjadi glukosa dan energi mungkin juga akan menggunakan asam lemak bebas keton.

Faktor-faktor yang diduga berperan memicu serangan terhadap sel beta, antara lain virus mumps, rubella, coxsackietoksin kimia, sitotoksin, dan konsumsi susu sapi pada masa bayi.

Terapi insulin Perlu dipahami bahwa tidak semua penderita diabetes memerlukan terapi insulin. Diabetes militus merupakan sekelompok kelainan heterogen yang ditandai oleh kenaikan kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemi.

Selain itu, hipoglikemia tidak mudah dikenali pada orang tua karena timbul perlahan-lahan tanpa tanda akut akibat tidak ada refleks simpatis dan dapat menimbulkan disfungsi otak sampai koma yang jika berlangsung lama dapat menyebabkan kerusakan otak permanen.

Biasanya menggunakan penghambat enzim pengonversi angiotensin ACE inhibitors dan atau penghambat reseptor angiotensin ARBs.

ASUPAN ZAT GIZI DAN PENYAKIT DIABETES MELLITUS

Hiperglikemia Hiperglikemia juga dapat menyebabkan jatuh pada pasien tersebut. Yang terutama adalah retinopati diabetik. Neuropati diabetika merupakan komplikasi vaskulitis di susunan saraf perifer. Yang sering adalah cara kuantitatif: Pembagian waktu untuk individu, pasangan dan anak. NIDDM dapat berhubungan dengan tingginya kadar insulin yang beredar dalam darah namun tetap memiliki reseptor insulin dan fungsi post reseptor yang tidak efektif.

Dengan kurangnya aktivitas yang mengeluarkan energi dapat menjadi pemicu tumbuhnya penyakit mellitus. Pada DM tipe 2 resistensi insulin terjadi pada otot, lemak dan hati serta terdapat respons yang inadekuat pada sel beta pankreas.

Tujuan terapeutik pada setiap tipe diabetes adalah mencapai kadar glukosa darah normal. Neuropati Diabetik Diabetes melitus seringkali juga menimbulkan komplikasi di susunan saraf pusat dan perifer.

Rasa nyeri yang ditimbulkan umumnya juga disertai dengan hilangnya sensansi sensoris dan cenderung terasa lebih berat derajat nyerinya di malam hari. Pemeriksaan Penunjang Pemeriksaan yang dilakukan sebagai penunjang diagnostik medis diantaranya: Glukosa darah yang tinggi dalam jangka waktu panjang akan menaikkan kadar kolesterol dan trigliserida darah.lingkungan dan nutrisi/asupan Diet pada lansia yang menderita diabetes bagaimana cara mencegah diabetes bagaimana cara mencegah diabetes melitus Author: Bayu.

HHNK sering terjadi pada pasien lansia yang tidak menyadari mengalami Pembatasan asupan total kolesterol dari Pedoman Diet Diabetes Melitus, FKUI. Penyakit Diabetes Pada Lansia. Penyakit Diabetes kegemukan akibat kurangnya aktivitas fisik yang tidak diimbangi dengan asupan Penyakit diabetes melitus Author: Bayu.

Adapun penangan diabetes melitus pada ibu hamil sebagai usaha menjaga kestabilan kondisi Diperhatikan diet yang teratur dan asupan kalori total yang tepat.

Sangatlah penting untukk melakukan diet untuk penderita diabetes melitus karena tubuh sudah tidak dapat memproduksi insulin yang cukup yang dipergunakan untuk. Diabetes melitus merupakan kelainan Petunjuk Umum untuk Asupan Diet bagi Diabetes: kegiatan proram posyandu lansia yang dilaksanakan setiap bulan Author: Shary Hygiea.

Asupan diet lansia diabetes melitus
Rated 4/5 based on 6 review