Hubungan antara bekerja shift dengan obesitas

Pada umumnya para ahli sepakat bahwa diabetes melitus tipe 2 dimulai dengan adanya resistensi insulin, kemudian menyusul berkurangnya pelepasan insulin. Dari hasil penelitian epidemiologis terbukti bahwa keterkaitan obesitas dan diabetes melitus tipe 2 lebih jelas pada mereka dengan obesitas sentral.

Ini adalah faktor risiko untuk diabetes, serangan jantung, dan stroke. Ada dugaan bahwa penderita diabetes melitus tipe 2 dimulai dengan berat badan normal, kemudian menjadi obes dengan resistensi insulin dan berakhir dengan diabetes melitus tipe 2.

Pada keadaan normal otot akan menggunakan glukosa oksidasi glukosa untuk menghasilkan energi. Kerja shift malam tentu akan mengubah rutinitas Anda. J Clin Endocrinol Metab ; Leptin bekerja pada sistem saraf perifer dan pusat.

Diduga bahwa asam lemak bebas yang tinggi akan mengakibatkan terjadinya deposit trigliserid berlebihan pada sel beta pankreas, dan akan menyebabkan terjadinya kerusakan sel beta pankreas.

Berbagai Risiko Masalah Kesehatan yang Dihadapi Pekerja Shift Malam

Seperti diketahui lemak visceral peka terhadap rangsangan saraf simpatis sehingga metabolisme sel lemak visceral sangat aktif. Wannamethee, dkk2 di Inggris memantau sebanyak pria usia menengah selama 12 tahun. Risikonya akan semakin bertambah jika jam terbang Anda makin lama. Elevated levels of interleukin-6 are reduced in serum and subcutaneous adipose tissue of obese women after weight loss.

Diabetes Care ; Resistensi insulin merupakan faktor resiko seseorang dapat mengalami diabetes tipe 2. Mengapa kerja shift malam meningkatkan risiko penyakit? Pasalnya, obesitas tidak hanya bisa menyebabkan berbagai penyakit lainnyatermasuk penyakit jantung, tetapi juga dapat berpengaruh terhadap kinerja buruh.

Di sisi lain, beberapa profesi mungkin menuntut pekerjanya untuk memiliki jam kerja yang terbalik dari malam hingga pagi. Golongan thiazolidinedion, metformin, akarbose serta repaglinid dianjurkan untuk diabetes melitus tipe 2 gemuk. Sebaliknya penelitian lain pada hewan dengan diabetes dan obes, pemberian leptin meningkatkan sensitivitas insulin.

Diabetes Reviews, ; 7: Selain fakta tersebut, juga terungkap bahwa masalah ini menyebabkan munculnya biaya lebih dari 8 miliar dolar AS per tahun dalam perekonomian di Amerika Serikat.

Meski tidak ada data pasti mengenai jumlah buruh di Indonesia yang mengalami obesitas, namun tetap saja masalah kesehatan ini harus jadi perhatian para buruh.

Diabetes dan Obesitas (Kegemukan)

Obesitas perlu dibedakan antara obesitas sentral atau visceral dan obesitas perifer. Siklus Randle di otot dan di hati A. Satu penelitian mengamati pramugari, yang biasanya bekerja dalam shift. Kedua obat tersebut memberikan hasil yang baik pada penderita diabetes melitus tipe 2 gemuk, dengan tidak menaikkan berat badan.

Management of the obese diabetic subjects. Leptin, tumor necrosis factor-Alfa TNF-Alfainterleukin-6 IL-6dan resistin bekerja meningkatkan resistesi insulin, sebaliknya adiponektin bekerja meningkatkan sensitivitas insulin. Kerja adiponektin diduga dengan memacu ekspresi gen-gen yang mengatur metabolisme lemak pada jaringan otot, yaitu CD36, acyl co-enzyme A CoA oxidase, dan uncoupling protein UCP -2 yang akan meningkatkan efisiensi transpor asam lemak, pembakaran lemak dan termogenesis.

Karena tidak efektifnya kerja insulin membantu penyerapan glukosa oleh sel-sel tubuh maka pankreas akan berusaha menghasilkan lebih banyak insulin. Sebaliknya, di waktu saat tubuh seharusnya melakukan aktivitas penting seperti bergerak dan mencerna, Anda malah tidur.

Pada gambar 2 diperlihatkan hubungan jaringan lemak dengan kejadian resistensi insulin. Otot Pada tahun Randle mengemukakan teori bahwa pada keadaan dimana peningkatan asam lemak bebas dalam darah akan diikuti dengan meningkatnya ambilan asam lemak bebas oleh jaringan otot.

Meningkatnya lipolisis diduga berkaitan dengan meningkatnya aktivitas sistem saraf simpatis. Diabetes dan gangguan metabolik Kerja shift menjadi faktor risiko dari diabetes. Obesity, mechanisms and clinical management.

Jam biologis seseorang menentukan siklus tidur, produksi hormon, suhu tubuh, dan berbagai fungsi tubuh vital lainnya. Dahulu obesitas cenderung dialami oleh orang dewasa tua, namun sekarang orang muda yang mengalami obesitas cenderung meningkat jumlahnya.

Pada saat ini telah dipasarkan obat kombinasi dalam satu tablet seperti Glucovance metformin-glibenklamid dan Avandamet metformin — rosiglitazon. Karena kerja shift tampaknya menurunkan tingkat leptin, sehingga pekerja shift sering merasa lapar.

Satu penelitian melaporkan bahwa saat dibandingkan dengan pekerja harian, pekerja malam memiliki tingkat serotonin yang lebih rendah, zat kimia otak yang berperan dalam mengatur suasana hati. · PENDAHULUAN Prevalensi obesitas dan diabetes melitus tipe 2 meningkat dengan pesat di seluruh dunia.

Sekitar 60% dari mereka yang obes menderita diabetes melitus tipe 2. Obesitas perlu dibedakan antara obesitas sentral atau visceral dan obesitas perifer.

Dari hasil penelitian epidemiologis terbukti bahwa keterkaitan obesitas dan diabetes melitus tipe 2 lebih jelas pada mereka dengan obesitas sentral.

Hasil pemeriksaan dengan CT-scan perut memperlihatkan bahwa lemak visceral sangat berperan terhadap terjadinya resistensi insulin.

Walaupun lemak visceral. Untuk mengetahui hubungan antara obesitas dengan gejala Excessive Daytime Sleepiness (EDS). Manfaat Penelitian Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk: ancientmarinerslooe.com: Skripsi.

terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dengan kejadian obesitas sentral yakni terdapat nilai p = 0, begitupun halnya dengan status merokok dan kejadian obesitas sentral diperoleh nilai p = 0, yang berarti tidak ada hubungan bermakna antara keduanya.

download hubungan antara obesitas sentral dengan adiponektin pada pasien geritari dengan penyakit jantung koroner download korelasi antara obesitas sentral dengan adiponektin pada lansia dengan. Masalah obesitas ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan para pekerja shift malam, termasuk kaum buruh, yang selalu makan secara berlebihan agar tetap terjaga pada malam hari, bahkan dengan makanan yang tidak sehat.

Hubungan antara bekerja shift dengan obesitas
Rated 4/5 based on 95 review